SBMPTN

Hadirnya LTMPT – SBMPTN

Satu hal yang belum pernah ada dalam seleksi masuk perguruan tinggi sebelumnya yaitu hadirnya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Syarat terbaru untuk mengikuti seleksi adalah kalian diwajibkan memiliki akun LTMPT. Semua jalur, baik SNMPTN dan SBMPTN, mewajibkan pesertanya untuk membuat & memiliki akun di laman (LTMPT). 

Pendaftaran akun LTMPT sendiri dibuka dua kali. Pendaftaran pertama ditujukan untuk pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang akan digunakan untuk seleksi jalur SNMPTN. Sedangkan sesi kedua ditujukan untuk pendaftaran UTBK. 

SBMPTN 2019 

Samahalnya SBMPTN 2019, edisi 2020 masih akan menggunakan nilai UTBK. Perbedaannya, jika sebelumnya ada 20 UTBK yang bisa kalian ikuti, kali ini hanya ada 14 UTBK. Rentang waktu pengerjaannya pun berbeda. Kalian bisa lihat pada bagan di bawah ini. 

UTBK 2019 UTBK 2020
Jumlah sesi 20 sesi 14 sesi
Rentang waktu pengerjaan 1,5 bulan (13 April – 26 Mei 2019) 1 minggu (20 – 26 April 2020)
Keikutsertaan peserta Maksimal 2 kali Hanya 1 kali
IPC (Campuran) Tidak bisa langsung, harus ikut 2 kali UTBK dengan kelompok ujian berbeda Bisa langsung IPC
Pengumuman Hasil Maksimal 10 hari setelah UTBK Serempak pada 12 Mei 2020
Durasi Pengerjaan TPS : 120 menit  TKA : 90 menit TPS : 105 menit TKA : 75 menit

Perbedaan yang terjadi ini harus kamu sikapi dengan serius. Jangan sampai karena kesalahan informasi yang diperoleh menjadikan kalian tidak lolos seleksi ujian. Semakin berkurangnya durasi waktu untuk mengerjakan soal UTBK juga harus menjadi perhatian tersendiri. Ada 14 sesi UTBK dengan rincian 2 sesi di setiap harinya dan akan dilaksanakan di 74 Pusat UTBK PTN.

Selain itu, peraturan dalam UTBK kali ini kalian hanya diperbolehkan mengikuti 1 kali tes saja. Kamu harus pertimbangkan masak-masak apakah kamu akan memilih kelompok ujian tes saintek, soshum, atau IPC.

Kedua jadwal tersebut sudah disesuaikan dengan pengumuman yang diinformasikan oleh LTMPT. Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan informasi terbaru karena siapa tahu akan ada perubahan ke depannya. 

Persyaratan UTBK SBMPTN 2020

Untuk mengikuti UTBK 2020, kamu haruslah memenuhi berkas persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara. Jika tidak, tentu saja kamu tidak akan bisa menjadi peserta UTBK 2020. Jangankan menjadi peserta, mendaftar saja kamu tidak bisa. Oleh sebab itulah kamu harus memperhatikan setiap syarat yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Berikut ini adalah syarat-syarat untuk mengikuti UTBK 2020.

  1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019.
  3. Peserta mengikuti satu kali tes dengan ketentuan sebagai berikut:
  4. UTBK kelompok Saintek mengikuti tes TPS dan TKA Saintek
  5. UTBK kelompok Soshum mengikuti tes TPS dan TKA Soshum
  6. UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) mengikuti tes TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum
  7. Membayar biaya UTBK.

Besarnya nominal biaya pendaftaran untuk mengikuti UTBK 2020 dibedakan menjadi dua golongan. Apabila kamu mendaftarkan diri menjadi peserta UTBK Soshum atau Saintek, kamu diharuskan membayar biaya pendaftaran sebesar 200 ribu rupiah. Sedangkan untuk kelompok ujian campuran kamu diharuskan membayar biaya pendaftaran sebesar 300 ribu rupiah.

Sebagaimana seleksi masuk perguruan tinggi negeri sebelumnya, UTBK 2020 juga bisa diikuti oleh peserta yang lulus dua tahun sebelumnya. Jadi, buat kamu yang lulus SMA sederajat pada tahun 2018 dan 2019, kamu masih bisa mengikuti UTBK, terutama buat kamu yang masih merasa belum puas dan cocok dengan jurusan yang sekarang atau sedang proses gap year. Buat kamu yang baru akan lulus pada tahun 2020, hal ini tampaknya akan menjadi tantangan tersendiri. Kamu tidak hanya bersaing dengan para siswa yang lulus pada tahun yang sama melainkan juga angkatan sebelumnya. Dari angkatan manapun kamu berasal, kamu harus menampilkan performa terbaikmu. Ingat, UTBK bukanlah ujian evaluasi yang mengevaluasi hasil belajarmu selama belajar di SMA. UTBK adalah ujian seleksi ketat yang bertujuan untuk menjaring peserta didik terbaik.

Persiapkan dirimu secara maksimal. Teruslah belajar tetapi jangan lupa untuk menjaga kesehatan. Terlebih lagi melihat durasi UTBK yang cukup padat serta menguras tenaga dan fikiran. Ikuti & bergabunglah menjadi peserta Bimbingan Bimbel SBMPTN Program Jaminan 2020 bersama Bimbingan Belajar KANTIN SUKSES. Jaminan soal-soal dengan prediksi yang sangat akurat, simulasi tes yang mirip, latihan soal yang terarah serta sesuai komposisi, dan pengajar yang berkompeten dibidangnya.

JADWAL SBMPTN

JADWAL PELAKSANAAN SBMPTN